Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebanyak 119 Siswa SMA/SMK di Gayo Lues Lulus di PTN, Meningkat dari Tahun 2022

humannesia.com / BLANGKEJEREN - Kabupaten Gayo Lues pada tahun 2023 ini meluluskan siswa SMA dan SMK sebanyak 119 orang pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melaulaui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023.

Cabdin Gayo Lues

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Gayo Lues, Basri SPd dalam rilis dikirim ke media ini, Selasa (4/4/2023) mengatakan, angka siswa SMA dan SMK di kabupaten Gayo Lues yang lulus di berbagai PTN melalui jalur SNBP tahun 2023 ini mengalami peningkatan.

"Peningkatan itu sejumlah 19 orang jika dibandingkan pada tahun 2022 yang jumlahnya 100 siswa," kata Basri.

Dikatakannya, sebanyak 119 siswa SMA dan SMK lulus pada PTN jalur SNBP tahun 2023 sesuai hasil pengumuman dari Kemdikbudristek serentak seluruh Indonesia tanggal 28 Maret 2023 lalu.

"Mereka diterima di berbagai PTN baik yang ada di Aceh maupun luar Aceh seperti PTN yang ada di Sumatera Utara," ujarnya.

Disebutkannya, PTN yang lulus itu yakni, USK, UIN Ar-Raniry, UNSAM, UNIMAL, UTU, ISBI Aceh, UNP dan Univ. Andalas Sumatea Barat dan UNIMED Medan.

Basri menjelaskan, SNBP merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN. Namun ada jalur tes SNBT dan jalur Mandiri.

Disampaikannya, keberhasilan bertambahnya jumlah siswa di Gayo Lues walaupun tidak signifikan yang lulus di PTN melalui jalur SNBP itu, ia sangat terharu dan menyampaikan apresiasi.

"Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala SMA dan SMK, dewan guru, tendik, pengawas dan komite sekolah serta stakeholders lainnya yang ikut berkontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Gayo Lues," ucap Basri.

Kacabdis mengimbau kepada siswa yang tidak lulus di jalur SNBP jangan mengaggap ini akhir dari sehalanya, masih ada jalur SNBT dan Mandiri yang bisa diikuti.

"Bahkan, kalaupun tidak lulus di PTN masih ada PTS yang berkualitas dengan berbagai fasilitas yang lengkap," pungkas Basri.(*)

Editor : Baihaki