Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cabdikdis Aceh Barat Lakukan Tes Urine Terhadap 602 Orang ASN

Humannesia.com / MEULABOH - Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Barat melakukan tes urine tehadap 602 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari Kacabdis, kepala seksi dan staf Cabdis, pengawas sekolah, Kepala SMA/SMK/SLB beserta guru dan tenaga kependidikan.

Cabdin Aceh Barat

Tes urine itu dilakukan selain di Kantor Cabdisdik Wilayah Aceh Barat diikuti masing-masing sekolah, Jum'at (28/4/2023).

Kacabdisdik Wilayah Aceh Barat, Abd Aziz SH MSi kepada media ini mengatakan, sesuai dengan surat edaran Penjabat (Pj) Gubernur Aceh mulai dari Cabdisdik masing-masing wilayah, pengawas sekolah, Kepala SMA/SMK/SLB, guru dan tendik harus melakukan tes urine.

"Pada hari ini, Jum'at (28/9) Cabdisdik Wilayah Aceh Barat melakukan tes urine sebanyak 602 orang ASN ke setiap sekolah bekerjasmaa dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Aceh Barat," kata Aziz.

Dikatakannya, pemeriksaan urine ini bertujuan sebagai penunjang untuk keperluan diagnosis penyakit, seperti batu ginjal, diabetes, infeksi saluran kemih, protein dalam urine, dan kerusakan otot.

Selain itu kata Aziz, tes urine dapat mendeteksi adanya zat berbahaya dalam tubuh seseorang, seperti opioid, benzodiazepine, barbiturate, phencyclidine, ganja, metamphetamine, amphetamine, dan kokain.

"Para ASN dalam lingkungan Cabdisdik Wilayah Aceh Barat tidak perlu khawatir terhadap pemeriksaan urine yang dilakukan oleh BNK Aceh Barat hari ini," ucap Aziz.

Disampaikannya, semua ASN harus mematuhi surat edaran dari Pj Gubernur Aceh tersebut dengan melakukan tes urine yang bermanfaat bagi aparatur itu sendiri dan lingkungannya.

"Kami sangat yakin, ASN dibawah naungan Cabdisdik Wilayah Aceh Barat semuanya sehat-sehat saja apalagi dari pemeriksaan urine, kita harapkan tidak ada yang positif menggunakan narkotika," pungkas Aziz.(*)

Penulis : Baihaki