Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMKN 1 Darul Hikmah Pamerkan Juice Jeruk Patek Pada Expo SMK se-Aceh

humannesia.com / BANDA ACEH - Kegiatan Expo dan Launching Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK Aceh yang digelar oleh Dinas Pendidikan Aceh memamerkan berbagai produk unggulan SMK se-Aceh.

Juice Jeruk Patek

Expo tersebut berlangsung selama tiga hari di halaman SMK Negeri 1, 2, dan 3 Banda Aceh, Rabu-Jum'at (15-17/3/2023).

Kegiatan yang mengusung tema "BLUD SMK, dari Aceh untuk Indonesia" ini diikuti oleh semua SMK Se-Aceh dengan tujuan memperkenalkan dan memamerkan secara langsung produk atau hasil karya masing-masing sekolah.

Salah satu produk unggulan SMK yang mencuri perhatian pengunjung adalah produk Juice Jeruk Patek yang dipamerkan oleh SMK Negeri 1 Darul Hikmah binaan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah kabupaten Aceh Jaya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya Rahadian SE, M.Pd mengatakan bahwa Expo BLUD Produk SMK yang sedang berlangsung tanggal 15 s.d. 17 Maret 2023 di Banda Aceh adalah kegiatan yang sangat tepat

"Kegiatan ini hadir pada saat sistem kurikulum SMK menuntut lahirnya produk pada akhir pembelajaran" ucapnya

Rahadian menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan mendorong semangat para siswa untuk terus berkarya dan berinovasi dalam menciptakan produk-produk unggulan SMK. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi kelender rutin Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh setiap tahunnya, bila mungkin kegiatan ini juga dapat melibatkan SKPA lainnya sebagai bagian untuk peningkatan UMKM" ujar Rahadian.

Sementara, Kepala SMK Negeri 1 Darul Hikmah Aiyub, S.Pd sangat bersyukur atas digelanya Expo SMK se-Aceh.

Pada ajang pameran tingkat provinsi Aceh tersebut, sekolahnya memperkenalkan produk Juice Jeruk Patek hasil exstrak buah lokal yang menjadi buah khas daerah setempat.

"Pada kegiatan ini kami (SMKN 1 Darul Hikmah) memperkenalkan juice jeruk patek, yang bahan baku jeruk berasal dari kebun jeruk sekolah, dengan luas setengah hektar" ujar Aiyub.

Untuk diketahui, Jeruk Patek juga dikenal dengan Jeruk Siam Madu Patek, tergolong limau manis yang diduga berasal dari daerah antara Assam, India, Tiongkok Selatan, atau Asia Tenggara.

Bentuknya lebih bulat dibanding jeruk Brastagi yang agak pipih. Sebagian kulitnya bertahi lalat, tak mudah dikupas, dan celah dagingnya pun tak mudah lekang. Baru berasa manis ketika sudah ranum benar. Jeruk ini bernama ilmiah Citrus X sinensis. Tampilannya sekilas mirip dengan jeruk pontianak.

"Alhamdulillah pada ajang Expo tersebut juice jeruk patek sangat diminati oleh pengunjung, Insya Allah kami akan melakukan produksi secara kontinu dengam memasarkannya ke sekolah, ke instansi lain nya, dan juga lingkungan masyarakat,  tentunya dengan harga yang terjangkau" ucap Aiyub.

Penasaran dengan segarnya Juice Jeruk Patek yang memiliki ciri khas berbeda dibanding Juice Jeruk lainnya, ayo kunjungi segera stand SMK Aceh Jaya di SMKN 1,2, dan 3 Banda Aceh.

Selain SMKN 1 Darul Hikmah, 5 SMK Negeri Aceh Jaya lainnya juga ikut memeriahkan dan memamerkan produk kreatif hasil pembelajaran Teaching factory (TeFa) yang menjadi unggulan di setiap sekolah.

Adapun Produk yang dipamerkan dari SMK Aceh Jaya menurut Syaribuddin adalah Produk Briket, Kursi Ecobrik, Lele Frozen, Kursi Ban Mobil Bekas, Kacang Gongseng, Papcoi, Juice Jeruk Patek, Kompos, Melon, Mentimun Besti, Aneka Baju Tata Busana, Payung Kasab, Tas Dompet, dan E-catalog Produk SMK Aceh Jaya.

Kontributor : Maswadi