Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kwarran Setia Bakti Raih Juara Umum LT-III Aceh Jaya

humannesia.com / CALANG - Kegiatan Lomba Tingkat III (LT-III) yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Aceh Jaya sukses terlaksana dan ditutup secara resmi, Selasa (14/3/2023).

Pramuka setia bakti

Menurut informasi dari Pembimbing dan Pendamping (Bindamping) regu penggalang Kwaran Setia Bakti Dedi Fajriadi, bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 5 kwartir ranting se-Aceh Jaya dengan 10 regu penggalang yang terdiri dari 5 regu putra dan 5 regu putri.

" Alhamdulillah hasil dari LT-III, kami Kwaran Setia Bakti berhasil meraih juara umum dengan menyabet juara 1 regu penggalang putra dan juara 1 regu penggalang putri" ucap Kak Dedi yang akrab disapa.

Kedua regu penggalang tersebut berasal dari Gudep 1.019-05.011-05.012 SMP Negeri 3 Setia Bakti yang sebelumnya sudah berhasil melewati seleksi LT-II di tingkat Kwaran Setia Bakti.

Kepala SMPN 3 Setia Bakti Yuni Arna, S.Pd merasa bersyukur atas keberhasilan siswanya yang telah mengharumkan nama kecamatan Setia Bakti di tingkat kabupaten.

" Alhamdulillah ini semua berkat dukungan semua pihak, guru, orang tua, ketua kwaran, pelatih, dan berbagai pihak lainnya yang telah ikut membantu " ucapnya

Yuni Arna kembali memohon do'a dan dukungan agar siswanya kembali dapat mengukir prestasi di ajang LT-IV tingkat provinsi Aceh.

Sebagaimana diketahui, keberhasilan Kwaran Setia Bakti menjuarai ajang tingkat kabupaten tersebut secara otomatis mengantarkan mereka untuk mewakili Aceh Jaya pada LT-IV.

Seperti dilansir di media Pramuka.Id bahwa kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh akan dilaksanakan pada tanggal 5 - 12 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Hutan Kota, di Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Provinsi Aceh.

Sebelumnya, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Aceh, Kak H. Muzakir Manaf melalui Ketua Harian, Kak Ir. H. Djufri Efendi M.Si, mengatakan, sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kwarcab Kota Langsa sebagai panitia pelaksana Lomba Tingkat (LT-IV) Kwarda Gerakan Pramuka Aceh.

Andalan Daerah Kwarda Aceh Bidang Perencanaan Kegiatan Pramuka, Kak Romi Amrizal S.H. dalam keterangannya menyebutkan LT-IV merupakan salah satu sarana meningkatkan prestasi dan kualitas hasil pembinaan.

“Pada LT-IV kali kita mengaplikasikan sentuhan digital, seperti sistem penilaian LT-IV di mana setiap dewan juri akan dibekali aplikasi android dan sistem digitalisasi dalam kegiatan Pramuka di Aceh yang sudah sering dilakukan,” ujar Kak Romi.

Sementera itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Langsa Kak Dr. Marzuki Hamid, M.M. mengatakan, kegiatan ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Langsa, pasalnya ratusan Pramuka Penggalang beserta unsur strategis lainnya dari 23 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Aceh akan meramaikan agenda di tingkat daerah ini.

LT-IV ini dapat menjadi ajang kompetisi positif yang dinamis antar Regu Pramuka Penggalang yang merupakan utusan Regu Pramuka yang Berprestasi Tinggi putra maupun putri pada LT-III di Kwartir Cabang masing-masing.

“Regu Berpretasi Tinggi hasil dari kompetisi di LT-IV akan menjadi delegasi Daerah Aceh pada perhelatan LT-V tingkat Nasional 2023 di Jakarta,” jelasnya.

Adapun ruang lingkup kegiatan bersifat kompetitif terbagi dalam Bidang Agama Mental Spiritual dan Pengamalan Nilai-nilai Pancasila, serta Adat Istiadat Bangsa. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Digital, Keterampilan Kepramukaan, Cinta Tanah Air dan Bela Negara, Manajerial, Keterampilan Hidup, dan Seni Budaya

Berikut Cabang Lomba Yang Berhasil Di Capai Oleh Gudep 1.019-05.011-05.012 SMP Negeri 3 Setia Bakti Pada LT-III Aceh Jaya.

Regu Putra

1. Juara 1 ADM Regu

2. Juara 1 Masak Rimba

3. Juara 1 PPGD

4. Juara 1 Yel Yel 

5. Juara 1 Sandi

6. Juara 1 Peta Pita dan Peta Perjalanan

7. Juara 1 Sketsa Panorama

8. Juara 1 Packing

9. Juara 2 LKBB 

10. Juara 2 Hasta Karya

11. Juara 2 Menaksir

12. Juara 2 Bivak Alam

13. Juara 3 Pioneering

14. Juara 3 Juara 

15. Juara 2 Ranking 1 

16. Juara 3 Obat Tradisional


Regu Putri

1. Juara 1 ADM Regu

2. Juara 1 Masak Rimba

3. Juara 1 PPGD

4. Juara 3 Yel Yel 

5. Juara 1 Sandi

6. Juara 1 Peta Pita dan Peta Perjalanan

7. Juara 1 Sketsa Panorama

8. Juara 1 Packing

9. Juara 2 LKBB 

10. Juara 3 Hasta Karya

11. Juara 2 Menaksir

12. Juara 3 Camp Standard

13. Juara 3 Ranking 1

14. Juara 2 KIM


Kontributor : Maswadi