Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jamu Bir Pletok Produk SMKN Taman Fajar Aceh Timur Dilaunching

humannesia.com / IDI - SMK Negeri Taman Fajar Kabupaten Aceh Timur telah memproduksi jasa teaching factory (TeFa) minuman sehat "Jamu Bir Pletok (Wedang Jahe)" yang diproduksi mulai tahun 2021 oleh guru dan siswa di sekolah setempat.

Jamu Bir Kletok

Jamu bir pletok ini sudah dilaunching bertepatan dengan peluncuran Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) 68 SMK se-Aceh oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki dan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud RI, Kiki Yuliati pada Jum'at tanggal 17 Maret 2023.

Kepala SMK Negeri Taman Fajar, Azwar Malik R, kepada  media ini, Minggu (19/3) mengatakan, jamu bir pletok ini sebenarnya nama itu biasa saja yang menggunakan kata bir tapi bukan minuman yang beralkohol.

"Jamu Bir Pletok ini lebih dikenal dengan wedang jahe  berasal dari daerah Betawi di Pulau Jawa, lalu diproduksi di SMK Negeri Taman Fajar," kata Azwar.

Dikatakannya, bir pletok ini dibuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, daun pandan wangi, kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga, dan serai.

"Agar warnanya menarik dapat ditambahkan kayu secang, yang akan memberikan warna merah," sebutnya.

Azwar menjelaskan cara membuatnya, rebus air bersama dengan jahe, serai, daun pandan, dan gula merah serta bahan-bahan yang tersebut diatas, lau tutup pancinya. 

Selanjutnya, kecilkan api, rebus hingga air mendidih dan sari dari bahan-bahan keluar, sekitar 30 menit, angkat lalu saring. Sajikan wedang jahe selagi hangat.

Lebih lanjut Azwar menuturkan, jamu bir pletok ini selain bekhasiat menghangatkan tubuh juga bisa menghilangkan rasa mual, mengurangi reaksi alergi dan mengontrol tekanan darah.

"Menghilangkam rematik, menurunkan berat badan, pereda rasa sakit, mencegah jomplikasi diabetes, meredakan nyeri haid serta meningkatkan imun, merupakan khasiat jamu bir pletok," ucapnya.

Sementara Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Aceh, Asbaruddin saat meminum jamu ini pada pameran BLUD SMK se-Aceh mengatakan, jamu bir pletok atau wedang jahe ini sangatlah enak dan menyehatkan.

"Jamu yang diproduksi oleh guru dan SMK Negeri Taman Fajar ini semoga semakin dikenal oleh masyarakat luas terutama masyarakat di Aceh Timur," ujarnya.

Asbaruddin berharap dengan dilaunchingnya BLUD SMK ini tidak perlu lagi sungkan-sungkan untuk memproduksinya karena sudah memiliki izin.

"Semoga jamu bir pletok ini dapat hak paten dan di produksi dalam bemtuk kemasan agar bisa digunakan secara praktis dan ekonomis dan menjadi income bagi sekolah," pungkas Asbaruddin.(*)

Penulis : Baihaki