Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMAN 1 Ingin Jaya dan 2 Sekolah Lainnya Harumkan Aceh di Ajang Internasional

humannesia.com / BANDA ACEH - Siswa Aceh kembali mengukir prestasi dengan meraih medali di ajang  International Intellectual Property Invention,  Innovation and Technology Expodition (IPITEx) dan Special Gold Award tingkat internasional di Bangkok, Thailand.

SMAN 1 ingin Jaya

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kompetisi ini dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 6 Februari 2023 di Gedung Bitec Bang Na, Bangkok.

Siswa peraih medali itu berasal dari SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar dan SMAN 7 Kota Banda Aceh serta SMAN 3  Banda Aceh.

Para peserta disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM diwakili Kepala Bidang SMA dan PKLK, Dr Hamdani MPd dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh-Aceh Besar, Sarwan Joni MPd di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Jum'at (10/2/2023).

Kabid SMA dan PKLK Aceh, Hamdani mengatakan, bahwa prestasi siswa Aceh mampu bersaing di ajang internasional dengan meraih medali emas, perak dan perunggu.

Tahun 2022 SMA Negeri 1 Ingin Jaya juga meraih Medali Perak, sementara SMA Negeri 7 juga meraih medali emas dan perunggu diajang Internasional

"Ini prestasi yang membanggakan. Banyak siswa kita selain mampu meraih medali di tingkat nasional bahkan hari ini dibuktikan mampu berprestasi di tingkat internasional" kata Hamdani.

Harapannya, melalui pembinaan dari kepala sekolah, dewan guru, Cabdisdik Wilayah dan Disdik Aceh, siswa SMA khususnya akan mampu bersaing di ajang bergengsi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara Kacabdin wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Jhoni,  S. Pd.,  M. Pd.  sangat  bangga bahwa sekolah di wilayah binaan nya meraih prestasi tingkat Internasional. 

"Ini semua hasil kerja keras, ikhlas setiap elemen terutama kepala sekolah dan guru dalam membimbing siswanya,  semoga kedepannya akan diikuti oleh sekolah-sekolah lain nya" ungkapnya.

Prestasi Aceh

Kepala SMA Negeri 1 Ingin Jaya  Aceh Besar Nizariah, S. Sos.,  M. Pd .  Mengucapkan Terimakasih dan penghormatan kepada Kadis,  Kabid dan Kacabdin atas kepeduliannya dengan menyambut kedatangan anak-anak dari Bangkok.   

Nizariah kali ini mengirimkan 1 tim masing-masing untuk mengikuti event internasional di Bangkok. Yang terdiri dari Tari Mulyana, Zawil Hija, Aina Nabila, Nisaul Azkiya, Ulfatun Fadhillah, dan Annisa Rafika Hayati. 

"Masing-masing sekolah ikut didampingi satu orang guru pembimbing," ujarnya.

Sementara SMAN 7 Banda Aceh diketuai Zahratul Dwi Safrina, beranggotakan, M. Atha Zaki Sauqi, Rahel Fazillah, Abdi Reda Wira Pratama, Balqis Nabilah Putri, Amira Latifa dan Galuh Iindah Wulandari.

Kemudian tim kedua ini diketuai, Omar Mukhtar dan anggota Anzir Lamalif Ramadhan, Muhammad Daffa Putra Safrika, Rafqa Dhevriansari, Navisa Risky dan Fatila Isma.

Sedangkan dari SMAN 3 Banda Aceh beranggotakan dua orang siswi yakni, Sheika Sarah dan Aisha Dinda Humaira.

Nizariah mengatakan, dari masing-masing cabang lomba, SMAN 1ngin Jaya Aceh Besar  meraih Special award medali medali dari Highly Innovayive Uniqui Foundayion (HIUF)  in the Kingdom of Saudi Arabia Presented dan Bronze Prinze Medali  dari National Research Council of Thailand. SMAN 7 memperoleh  special award  dan Bronze medali. SMAN 3  memperoleh Bronze medali. 

Nizariah menambahkan peserta dalam perlombaan ini diikuti oleh 24 negara dari Benua Asia, Eropa, Amerika dan Afrika terdiri dari berbagai kalangan baik profesional sampai  yunior. Persaingan menurutnya sangatlah kompetitif dan profesional. 

Menurut salah seorang peserta dari SMAN 1 Ingin Jaya, Tari Mulyana menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada kepala sekolah

 " Ibu Kepala Sekolah sangat care, peduli dan selalu memotivasi terhadap  ide-ide kreatif sehingga memberikan kesempatan kepada kami ikut lomba di ajang internasional. Begitu juga guru pendamping yang siap mendampingi" ucap Tari

"Persaingan disana sangat ketat, karena diikuti 24 negara dan kendala kami masih kurang dalam menguasai Bahasa Inggris, namun kami tetap percaya diri hingga mampu meraih medali, ini suatu kebanggan bagi kami" tutup Tari.[]

Editor: Maswadi