Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IGI Aceh Jaya Bersama YCAB Gelar Pelatihan Facebook Asah Digital 2.0

humannesia.com / CALANG - Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di era digital, Ikatan Guru Indonesia  (IGI) Kabupaten Aceh Jaya dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) menggelar pelatihan online yang diberi tajuk Pelatihan Facebook Asah Digital 2.0.

Asah digital Igi Aceh Jaya

Pelatihan yang diberi brand Meugaya (Meureunoe Guru di Aceh Jaya) #8 ini,  dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan berlangsung selama 2 hari, yaitu mulai Selasa sampai Rabu, tanggal 21 - 22 Februari 2023.

Kegiatan dimulai pukul 14:00 sampai dengan 15:30 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 113 orang guru dari berbagai daerah, baik dari Aceh maupun dari luar Aceh, mereka merupakan guru dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA.

Hari pertama pelatihan Dibuka  langsung oleh Project Manager YCAB, yaitu Ibu Dwi Rizki Nuraini. Yang bertindak sebagai keynote speaker  adalah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Rahadian, S. E., M. Pd. 

Beliau menekankan pentingnya para guru untuk dapat bersaing di era digital ini. Serta dapat melakukan digitalisasi yang dapat bermanfaat untuk melaksanakan proses pembelajaran. 

Di hari yang sama, materi 'Chatbot' juga turut disampaikan oleh salah seorang narasumber, yaitu Ernal Nofiandri, S. Pd., guru SMKN 1 Calang yang merupakan salah seorang trainer asah digital yang kiprahnya sudah tidak asing lagi, bukan hanya di Aceh Jaya, namun sampai di tingkat Nasional. 

Ernal turut memaparkan mekanisme pelatihan serta tugas yang harus dibuat oleh para peserta sebagai syarat mendapatkan sertifikat setara dengan 32 JP.

Di hari kedua pelatihan, para peserta mendapatkan materi juga dari trainer asah digital, Jingga Arshabidari. Jingga dalam pemaparannya menitikberatkan pentingnya bermedsos dengan bijak dan aman. 

Selain itu, Jingga juga menguraikan beberapa cara untuk mengenali ragam informasi palsu atau HOAX agar para guru dapat lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi. 

Seperti biasa, pelatihan ditutup dengan tanya jawab dan foto bersama.

Penulis : Viza Suhanna