Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Pengurus IGI Aceh Jaya Lolos Beasiswa Orbit Guru Merdeka 2023

humannesia.com, CALANGDalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Indonesia yang lalu, PT Orbit Ventura Indonesia membuka kesempatan kepada guru-guru Indonesia untuk mendapatkan beasiswa mengikuti pelatihan di program Orbit Guru Merdeka.

Orbit Guru Merdeka

Sebelumnya, PT Orbit Ventura Indonesia menyediakan kuota sejumlah 3.200 guru se-Indonesia dengan anggaran sebesar 20,8 milyar, dengan rincian Rp.6.500.000,- per peserta.

Namun,  menurut panitia tanggapan yang diterima sangat menggembirakan hingga yang ikut mencapai 5000+ peserta, maka atas antusiasme guru tersebut, program beasiswa yang awalnya direncanakan untuk 3.200 guru kini telah ditingkatkan menjadi 5.000 guru.

Dari 5.000 guru se-Indonesia yang lolos, terdapat 10 pengurus IGI kabupaten Aceh Jaya dan ada beberapa orang lainnya merupakan anggota IGI dan guru di Aceh Jaya.

Wakil Ketua  IGI Aceh Jaya Abubakar S.Pd yang ikut lolos sebagai penerima beasiswa tersebut menyampaikan rasa syukurnya.

" Alhamdulillah, berkesempatan untuk belajar lagi bersama rekan-rekan hebat dari seluruh Indonesia" ucapnya

Abubakar juga merasa senang karena mayoritas yang lolos merupakan pengurus IGI kabupaten Aceh Jaya

" Sampai hari ini, Ada 10 pengurus IGI Aceh Jaya yang sudah menerima informasi kelulusan dari email dan WhatsApp " ucapnya

Sementara, Sekretaris IGI Aceh Jaya Ernal Nofiandri menyampaikan apresiasinya atas kelulusan rekan-rekan pengurus dan anggota IGI Aceh Jaya

"Alhamdulillah, Selamat kepada pengurus dan para Igiers Aceh Jaya yang berhasil lulus sebagai penerima beasiswa Orbit Guru Merdeka, semoga dapat mengimbasinya kepada seluruh guru di Aceh Jaya" ucapnya.

Melansir dari laman resmi Orbitfutureacademy, OGM atau Orbit Guru Merdeka adalah program pelatihan guru nasional secara daring yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI untuk meningkatkan keterampilan guru secara digital.

Orbit Guru Merdeka (OGM) telah menjadi program nasional yang merupakan hasil kerja sama antara PT Orbit Ventura Indonesia dengan PT Microsoft Indonesia yang telah diresmikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia serta dijalankan oleh Orbit Future Academy.

Program ini diadakan sebagai upaya untuk mempersiapkan guru – guru di Indonesia agar menjadi pendidik yang profesional bersertifikasi Microsoft, sehingga diharapkan para lulusan dari program ini akan lebih siap untuk beradaptasi dan bisa meningkatkan kemampuannya dalam mengajar serta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan baik.

Pelatihan OGM ini meliputi 3 tahapan. Tahap 1 dan 2 memiliki modul pembelajaran mandiri secara daring, terdiri dari 10 kompetensi utama yang perlu dikuasai oleh guru. 

Selanjutnya di tahap 3 adalah pelatihan tersertifikasi oleh Microsoft untuk pendidik (Microsoft Certified Educator/MCE) yang pelaksanaannya dilakukan secara tatap muka daring dan didampingi oleh instruktur.

Pelatihan di Tahap 3 ini diakhiri dengan pelatihan TPC (Trainer Preparatory Course) dan langkah-langkah lain untuk menjadi Master Trainer. 

PT Orbit Ventura Indonesia akan menayangkan video sesi informasi dan menyapa para pemenang Beasiswa OGM, yang dapat diakses melalui Streamyard, sehingga para peserta memahami secara detail yang diperlukan untuk menavigasi program tersebut.

Kontributor : Ade.M