Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Forum Anak Darul Hikmah Terima Tim Monev LPPA Aceh Jaya

humannesia.com / PAJAR - Pengurus Forum Anak kecamatan Darul Hikmah menerima kunjungan tim monitoring dan evaluasi organisasi dari Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak (LPPA) kabupaten Aceh Jaya.Kamis (15/12/2022).

Forum Anak Darul Hikmah

Rombongan yang dipimpin oleh  Basri, S.Hi Kabid perlindungan anak disambut oleh Malik Fajar cs mewakili pengurus forum anak Darul Hikmah di Pantai  Puloe Keuh Patek kecamatan Darul Hikmah

Acara yang dibungkus dalam kegiatan dialogis ini berlangsung santai dan menyenangkan. Ada beberapa poin penting yang menjadi fokus pembicaraan, diantaranya tindakan pelecehan seksual, pertemuan berkala dan kegiatan positif tentang anak

Pertemuan tersebut juga mensosialisasikan tentang solusi apabila terjadi permasalahan, khususnya masalah yang terjadi pada anak anak di Darul Hikmah.

Basri dalam hal ini diwakili Ema Novita menjelaskan bahwa forum anak harus menjalankan peran 2P nya yakni pelopor dan pelapor dalam hal hal tersebut diatas. 

"Anak-anak harus berani memberi laporan terhadap pelanggaran hak anak dan forum anak menjadi pelopornya" harapnya

Selain itu forum anak boleh mengadakan kegiatan kegiatan kesenian olahraga, bakti sosial dan kegiatan positif lainnya untuk memantapkan kedudukan dan peran forum anak di kecamatan Darul Hikmah. 

Forum anak juga boleh mengadakan kerjasama dengan lembaga lembaga terkait baik di tingkat Gampong, kecamatan maupun Kabupaten seperti Bunda  PAUD, forum Musrenbang dan pihak keamanan.

Farhat dalam harapannya menghrapkan agar Forum Anak kecamatan diberdayakan eksistensinya dengan mengadakan Pelatihan Kepemimpinan dan kegiatan tukar menukar informasi dengan forum anak kecamatan lainnya. 

Sementara, Rahliza mengusulkan pelaksanaan kegiatan olahraga dan Sara menyarankan agar adanya kegiatan kesenian

Sedangkan, Malik Fajar meminta kegiatan keagamaan. 

"Semua keinginan ide dan saran kami terima untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke LPPA nantinya untuk ditindak lanjuti. " Ujar Ema Novita

Dirinya juga berpesan agar anak-anak tetap semangat tetap sehat dan berminat untuk memajukan forum anak di kecamatan.

Pada akhir kegiatan yang ditutup dengan acara makan-makan, forum anak kecamatan Darul Hikmah bertekad dan berminat untuk lebih eksis lagi melaksanakan beragam kegiatan di tahun 2023 nanti dengan harapan mendapat dukungan dan bantuan dari semua pihak.

Laporan : Muhammad Rizal