Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMAN 1 Blangjerango Galus Lakukan Pertukaran Pelajar ke SMA Lab School USK

humannesia.com / Banda Aceh - SMA Negeri 1 Blangjerango Kabupaten Gayo Lues melaksanakan kegiatan pertukaran pelajar sister school ke SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

SMA blangjeurango labschool

Kegiatan itu berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 31 Oktober hingga 4 November 2022.

Kepala SMAN 1 Blangjerango, Abu Rahman MPd dalam rilis dikirim ke media ini, Sabtu (6/11) mengatakan, jumlah siswa menimba ilmu ke SMA Lab. School USK sebanyak 10 orang, terdiri dari 2 orang siswa kelas X, 5 orang siswa kelas XI dan 2 orang siswa kelas XII. 

"Selain siswa turut didampingi 2 orang guru, yakni Sabirin Radli SPd merupakan guru olahraga dan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana. Kemudian Siti Rika Julaiha SPd guru bidang studi Fisika," kata Rahman.

Dikatakannya, kegiatan pertukaran pelajar ini merupakan tindak lanjut dari memorendum of understanding (MoU) antara SMAN 1 Blangjerango dengan SMA Lab. School USK dilaksanakan sekitar dua bulan lalu. 

Dijelaskannya, dalam MoU tersebut juga terdapat beberapa butir kesepakatan tercantum dalam nota kesepahaman itu. 

"Salah satunya telah terlaksana yaitu, pembekalan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMAN 1 Blangjerango di SMA Laboratorium Unsyiah selama 5 hari pada bulan september lalu," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Rahman menitip salam dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gayo Lues, Basri SPd kepada civitas SMA Lab.School USK yang sangat mendukung pertukaran pelajar ini.

Sementara saat penyambutan, mewakili Kepala SMA Lab.School, Dr Rini Safitri MSi menyampaikan, pihak manajemen SMA Lab. School USK sangat gembira dan senang menerima kehadiran rombongan peserta pertukaran pelajar dari SMAN 1 Blangjerango.

"Semoga dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan antusias dan betah belajar bersama siswa SMA Lab.School USK baik di kelas maupun praktik di laboratorium," pinta Rini Safitri.

Dosen FKIP USK itu mengharapkan, kepada peserta pertukaran pelajar dapat menggali informasi dan pengetahuan yang menjadi pengalaman dan motivasi besar bagi diri sendiri untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan setelah menamatkan jenjang SMA.

“Sekembalinya nanti ke Gayo Lues agar setiap peserta pertukaran pelajar SMAN 1 Blangjerango dapat mengimbaskan kepada siswa yang lain, sehingga sekolah itu dapat meningkat secara kualitas dan kuantitas diterima di Perguruan Tinggi Negeri," pungkas Rini Safitri.

Pada rangkain kegiatan itu, siswa SMAN 1 Blangjerango dapat menimba ilmu pelaksanaan upacara hari Senin, melihat langsung kegiatan OSIS, rekam jejak alumni SMA Lab. School USK.

Selanjutnya, kegiatan belajar di dalam kelas, penyampaian projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), pengenalan praktik Biologi di laboratorium, belajar desain dengan aplikasi canva.

Kemudian pengenalan pengolahan minyak atsiri di laboratorium ARC (Atsiri Research Center) milik USK serta diperkenalkan kepada siswa dengan membawa mereka ke fakultas dan program studi yang ada di USK dan UIN Ar-Raniry.(*)

Penulis : Baihaki