Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Hari Guru Nasional 2022

Humannesia.com - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sudah menerbitkan pedoman peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang akan diperingati pada 25 November mendatang.

Pada peringatan Hari Guru Nasional 2022 tersebut dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti melaksanakan upacara bendera, serta melakukan berbagai aktivitas kegiatan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pada peringatan Hari Guru Nasional 2022, dikutip dari laman kemdikbud.go.id.

1. Upacara bendera

Kemendikbudristek mengajak untuk melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional pada 25 November 2022 secara tatap muka secara terbatas yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta perwakilan kantor Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.

Pada upacara peringatan Hari Guru Nasional Kemendikbudristek mengajak undangan Pejabat mengenakan Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan daerah masing-masing.

Undangan Pria mengenakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan.

Sementara, undangan Wanita mengenakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan.

Guru mengenakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan.

Organisasi profesi mengenakan pakaian seragam organisasi.

Barisan pegawai mengenakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan.

Petugas Upacara mengenakan Sesuai ketentuan.

2. Logo dan tema peringatan

Tampilan logo hari guru nasional.

Tampilan logo hari guru nasional. /Tangkapan layar laman kemdikbud.go.id/

Pada peringatan Hari Guru Nasional tema yang diambil adalah "Serentak berinovasi wujudkan merdeka belajar".

Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan kantor Republik Indonesia di luar negeri untuk turut memeriahkan peringatan hari guru melalui berbagai platform yang dimiliki untuk dibagikan.

3. Ragam aktivitas

Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan kantor Republik Indonesia di luar negeri untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Guru Nasional secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa Covid-19.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat peringatan Hari Guru Nasional yang akan dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 25 November 2022.

Kontributor : Hazamy