Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kacabdindik Aceh Timur Gerakkan Pelopor Pertanian Kembangkan Organik di SMKN 1 Peureulak

humannesia.com / Idi - Dalam upaya mengembangkan SMK bisa dan hebat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra SPd menggerakkan sekaligus memfasilitasi pelopor pertanian dengan mengembangkan pupuk organik ke SMK.

Kacabdin Aceh Timur

Salah satu upaya itu dengan menghadirkan Zulfan SPd, seorang petani yang merupakan pelopor pertanian organik ke SMK Negeri 1 Peureulak, Aceh Timur, Senin (7/11/2022).

Kacabdindik Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra kepada media ini mengatakan, kedepannya SMK yang ada di Aceh Timur khususnya SMK Pertanian bisa hidup dengan bidang keahlian yang ada.

"Selama ini di SMK Negeri 1 Peureulak kita lihat mengajarkan kepada siswa hanya pertanian konvensional saja, namun kita akan merubah dengan memanfaatkan organik," kata Rahmatsah.

Dikatakannya, ini adalah bentuk keseriusan Cabdindik Wilayah Aceh Timur dalam upaya mengembangkan SMK bukan saja bidang pertanian, namun juga pada bidang keahlian atau jurusan lainnya.

Sementara Kepala SMK Negeri 1 Peureulak, Agus Ridhwan SPd menyampaikan, dengan adanya program pelopor tani masuk sekolah ini, diharapkan siswa termotivasi menjadi lebih giat bekerja, berwirausaha supaya menjadi petani millenial.

"Hasil yang diharapkan, agar ilmu yang diperoleh melalui pelopor tani masuk sekolah bisa diterapkan dan dikembangkan dimanapun siswa itu berada," ucap Agus.

Ditambahkannya, siswa yang sedang belajar di SMK Negeri 1 Peureulak agar menyampaikan informasi ke pelajar SMP atau MTs supaya memilih SMK tempat melanjutkan studi.

Secara terpisah, Zulfan merupakan pelopor pertanian mengharapkan, semoga SMK Pertanian khususnya di Aceh Timur dapat mengembangkan bahan organik. Diajarkan mulai dari membuat pupuk, pemilihan tanah, menguraikan bakteri sampai pemilihan bibit.

"Inilah generasi ke depan yang bisa membantu dalam mengembangkan pertanian lebih modern sehingga memperoleh hasil memuaskan," pungkas Zulfan.(*)

Penulis : Baihaki