Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akreditasi Perdana, SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen Raih Akreditasi B

humannesia.com / Bireuen - Akreditasi merupakan sebuah kegiatan pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M) kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan.

Penetapan hasil dan rekomendasi kkreditasi sekolah/madrasah telah diumumkan awal Oktober 2022. Sekolah Luar Biasa (SLB) Vokasional Muhammadiyah Bireuen  memperoleh nilai 85 dengan status akreditasi B.

Pengumuman ini tertuang dalam surat keputusan ketua badan akreditasi nasional sekolah/madrasah  nomor. 1385/BAN-SM/SK/2022 tentang penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi sekolah/madrasah Tahun 2022.

Kepala SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen, Istiarsyah SPdI SPd MEd kepada media ini, Rabu (12/10/2022) mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan ia mengaku puas dengan kerja tim akreditasi sekolah yang dipimpinnya.

“Ini merupakan suatu kerja keras bersama tim akreditasi sekolah di SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen yang telah mempersiapkan 8 standar akreditasi dengan baik,” kata Istiarsyah.

Dikatakannya, capaian ini istimewa karena merupakan akreditasi perdana SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen, sejak beroperasi pada tanggal 05 Agustus 2019 lalu.

“Syukur Alhamdulillah, di akreditasi perdana ini SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen meraih nilai 85 dengan Status Akreditasi B,” ucapnya.

Istiarsyah menyampaikan, dengan status akreditasi B yang telah diperoleh pada akreditasi perdana ini menjadi modal kuat dan pengalaman berharga bagi SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen untuk dapat meraih akreditasi A pada masa yang akan datang. 

"Kami berharap, sekolah yang sederhana ini dapat menghasilkan lulusan terbaik peserta didik berkebutuhan khusus memiliki kemandirian, kemampuan life skill, dapat diterima di masyarakat, dunia kerja dan industri serta perguruan tinggi," harapnya.

Sementara Pegawas Pembina SLB Vokasional Bireuen, Drs Muhammad Jafar mengatakan, bahwa pada dasarnya akreditasi adalah membantu untuk mengevaluasi dan mengetahui sejauh mana sekolah telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan pemerintah atau standar nasional pendidikan sebagai standar minimal kualitas (minimum standards of quality). 

Ditambahkannya, ia sangat bangga atas kerja keras tim akreditasi sekolah yang di pimpin oleh pak Istiarsyah itu.

"Ini membuktikan bahwa sekolah ini telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan pemerintah atau badan akreditasi nasional sekolah/madrasah," pungkas M Jafar. (*)

Penulis : Baihaki