Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SELAMAT, 1 Maret 2022 SK CPNS, PPPK Guru dan Non Guru Diserahkan.

Humannesia.com - Sejumlah daerah akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS, PPPK guru, dan non guru pada Selasa, 1 Maret 2022. Namun, masih banyak daerah yang statusnya masih menunggu penetapan NIP.

SK PPPK 2022

Ketua Forum Honorer K2 Kabupaten Blitar Sri Hariyati mengungkapkan tentang kegundahan hatinya. Dia bersama rekan-rekannya di Kabupaten Blitar, semakin gelisah karena tanda-tanda pengangkatan mereka menjadi PPPK belum kelihatan.

Sri yang usianya sudah mencapai 56 tahun ini khawatir bila pengangkatan mereka molor terus, Sementara Dia hanya beberapa tahun saja tersisa untuk menikmati status sebagai ASN PPPK.

"Ini kami semua disini merasa galau, besok Kota Blitar dan Kabupaten Lamongan akan menyerahkan SK CPNS serta PPPK. Kemudian 2 Maret, Kota Malang. Lantas kami yang di Kabupaten Blitar kapan,' keluhnya, Senin (28/2).

Dia mengungkapkan di Kabupaten Blitar ada sebanyak 1.366 PPPK guru tahap 1 dan 616 PPPK tahap 2 yang sedang menanti keputusan Pemda. Namun, Kapan mereka akan dipanggil untuk tanda tangan kontrak kerja dan sah diangkat sebagai ASN belum ada kejelasan. 

Sri sangat yakin Pemkab Blitar pasti mengetahui kondisi guru honorer di daerahnya. Tidak sedikit yang usianya sudah di atas 50 tahun. Jika proses pengangkatan mereka diperlambat, maka waktu mengabdi sebagai PPPK tersisa hanya beberapa tahun lagi. 

Sementara, kata Sri, mereka sangat menginginkan kesejahteraan agar meningkat. Dapat menerima gaji setara guru PNS golongan IIIa. 

"Kami hanya butuh informasi saja, kapan kami menerima kontrak kerja. Daerah sekitar Blitar sudah, terus kami kok belum ada tanda-tandanya," ungkap nya.

Sri menambahkan, kalau kemudian prosesnya tidak bisa dilaksanakan Maret, maka akan timbul pertanyaan bagaimana dengan gaji mereka. Apakah mereka tetap mendapatkan rapelan saat diberikan SK PPPK atau saat mulai menanda tangani kontrak kerja. 

Kalau tetap diberikan rapel, Sri mengatakan, bahwa mereka akan sabar menunggu. 

"Kami sih berharap walaupun nanti pengangkatan molor, namun tetap juga dapat menerima rapelan. Misalnya SK diberikan pertengahan Maret, otomatis gajian April, tetapi sudah dengan rapelan Januari sampai Maret,' harapnya

Sri optimistis bupati Blitar tidak akan menyengsarakan guru honorer yang sudah lulus PPPK tahap 1 dan 2. Dia sangat berharap, agar adanya kebijakan yang berpihak kepada para PPPK 2021.


Sumber : JPNN

Editor : Ade M